3D atau tiga dimensi merupakan istilah bagi setiap objek yang mempunyai dimensi lebar, tinggi dan kedalaman (width, height, dan depth).

Obyek 3-D adalah sekumpulan titik-titik yang memiliki koordinat pada sumbu X, Y dan Z yang membentuk sebuah bidang (face) yang selanjutnya digabungkan menjadi satu kesatuan. Obyek 3D pada umumnya memiliki elemen-elemen yaitu :

  • Vertex merupakan sebuah titik yang terletak pada koordinat X, Y dan Z. Dua vertex jika digabungkan akan membentuk edge.
  • Edge merupakan pertemuan sedikitnya dua vertex. Pada obyek kubus berikut, edge (rusuk) ditandai dengan garis berwarna merah.
  • Face merupakan gabungan 3 titik atau lebih yang membentuk luasan tertentu. Face dapat pula dikatakan sebagai bidang permukaan berupa kurva tertutup yang minimal terbentuk dari tiga vertex ataU edge (memiliki 3 rusuk/ lebih).

Blender dapat digunakan untuk permodelan 3D, UV unwrapping, texturing, rigging, skinning, animating, rendering, simulasi partikel, non-linear editing, compositing, dan aplikasi 3D interaktif, membuat game dan lain sebagainya.

Selain Blender terdapat beberapa perangkat lunak yang mendukung pemodelan dan animasi 3D, diantaranya yaitu Maya 3D, LightWave, 3DS Max, Maxon Cinema 4 D, Softimage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma, dan lain sebagainya.

Beberapa bagian interface blender 2.75a :

  • Info window : memberikan informasi mengenai file yang sedang dikerjakan, menu, layout tampilan, scene yang aktif, engine untuk rendering serta sumber daya dari blender.
  • View port : View port / 3D view window, merupakan area kerja untuk melihat obyek,lampu, kamera untuk proses editing.
  • Toolbar : Terdiri dari daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya
  • Menu 3D : Pada menu 3D view terdapat pilihan menu untuk memudahkan saat bekerja di viewport, diantaranya adalah view, select, add, obyek mode.
  • Timeline : Timeline merupakan fungsi pewaktu yang digunakan window saat membuat animasi
  • playback : Playback dipergunakan saat membuat animasi
  • Outliner : Outliner window akan menampilkan semua obyek serta window data settingannya yang ada diblender.
  • Properties : Properties memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.

 

Next Modul 2