View pada viewport window

Pada viewport Blender mempunyai berbagai macam sudut pandang mata terhadap obyek, hal ini berfungsi untuk mempermudah pekerjaan saat permodelan maupun animasi dimana butuh ketelitian dan detail. Adapun macam dari sudut pandangnya adalah camera, top,bottom, front, back, right, left, view persp/orthogonal.Secara default view / sudut padang pada viewport adalah user persp.

Split Area

Split area merupakan fitur pembagi tampilan viewport/ lembar kerja pada Blender menjadi lebih dari satu tampilan viewport hal ini dilakukan untuk mempermudahsaat kita bekerja karena bisa melihat obyek dari sisi yang berbeda.

Joint Area

Joint area merupakan fitur penggabungkan tampilan dua viewport/ lembar kerja pada Blender menjadi satu tampilan viewport.

Object Mode

Object mode, fitur ini berfungsi untuk mengubah posisi mode objek yaitu mode objek 3D bagian luar. Pada mode objek benda 3D hanya bisa di rubah posisi dan diatur skalanya.

Viewport Shading

Viewport shading berfungsi untuk mengubah tampilan objek solid ke tampilan mode kerangka (wireframe).Pada viewport shading terdapat beberapa viewport shading yaitu : rendered, texture, solid, wireframe, bounding box. Ada berbagai jenis-jenis obyek pada blender, diantaranya yaitu mesh, curve, surface, metaball, text, armature, laticce, empty, speaker, camera, lamp, force field, group instance.

Transformation

Transformation adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek. Dasar transformasi dalam Blender, meliputi:

Grab/Move (G) menggeser objek dengan menekan tombol (G)
Rotation memutar objek dengan menekan tombol (R)
Scale (S) menskala (memperbesar atau memperkecil objek dengan menekan tombol (S)

Next Modul 3