Menerapkan pewarnaan pada obyek 3 Dimensi :

daftar obyek

daftar material yang terdapat dalam suatu objeknama material Untuk mengubah nama material default menjadi nama yang mudah digunakan pada pemberian material,

type material

untuk menentukan jenis material Surface, Wire, Volume, Halo. Secara default type materialnya adalah surface

preview untuk melihat tampilan material
diffuse Untuk memberikan warna pada obyek
specular mengatur pantulan cahaya pada benda. Akan tampak jelas pada objek yang memiliki banyak face dengan berbagai sudut. Intensity dibawah kotak warna putihnya Specular mengatur banyaknya cahaya yang dapat dipantulkan, makin mendekati 1 makin berkilau.

Shading untuk mengatur interaksi material dengan cahaya.

Transparency Untuk mengatur tingkat ketransparanan atau efek tembus pandang sehingga cahaya dapat tembus melalui objek tersebut. Transparency harus diaktifkan terlebih dahulu. Lalu di atur alphanya(dalam contoh berikut yang nialinya 0.667), yaitu kepadatan suatu objek. Mendekati nilai 1 membuatnya semakin tidak transparan.

Mirror Merupakan efek cermin yang diaplikasikan pada face suatu objek. Pengaktifannya sama seperti Transparency. Agar efek cermin tampak, nilai Reflection harus di atur. Reflection terdapat di bawah title Mirror. Makin mendekati nilai 1, pemantulan cahayanya semakin sempurna.

 

Next Modul Pencahayaan