SMK Ma’arif NU 01 Limpung merupakan pelopor pendirian Sekolah-Sekolah Kejuruan di wilayah kota Limpung dan sekitarnya. Sesuai program Pemerintah dan Menteri Pendidikan Nasional bahwa akan melakukan konversi besar menuju meningkatnya Sekolah Kejuruan. Berawal dari program dan inisiatif inilah tokoh masyarakat Nahdlatul Ulama’ (NU) di wilayah Kecamatan Limpung merespon baik program pemerintah tersebut. Dalam perkembangannya maka beberapa tokoh NU bergerak dan merencanakan pendirian lembaga pendidikan yaitu sekolah kejuruan. Langkah awal tersebut dengan membentuk badan pendiri yang diketuai oleh Ali Sodiqin, BA (Kepala MANU Limpung) dengan penanggung jawab KH Abdul Syakur.

Selanjutnya dibawah koordinasi tokoh tersebut diadakan rapat Tanggal 15 Mei 2003 yang diikuti oleh beberapa pendiri lainnya antara lain:

  1. Nasrudin Azis,
  2. Ali Hamzah,
  3. Abdul Manaf, S.Ag,
  4. K Muhtadi, S.Ag,
  5. Ali Fatkhur, S.Ag,
  6. Eko Dyah N, SE dan
  7. Yumaroh, S.Pd.

Dalam perjalanannya maka ditetapkan bahwa 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Ulang Tahun SMK Ma’arif NU 01 Limpung. Nama Resmi dalam pembentukan pertama kali adalah SMK NU 01 Limpung, namun pada Tahun 2007 karena ada peraturan dari Lembaga Pendidikan Ma’arif NU maka nama SMK NU 01 Limpung ditambah menjadi SMK Ma’arif NU 01 Limpung. Pada awalnya SMK Ma’arif NU 01 Limpung memiliki satu Bidang Keahlian yaitu Bisnis Manajemen dan satu Program Studi Akuntansi. Pada Tahun 2007 Jurusan ini mendapatkan Akreditasi oleh BAS sehingga sudah mandiri. Seiring dengan perkembangan dunia SMK, berangsur-angsur SMK Ma’arif NU 01 Limpung mengalami peningkatan dan pembukaan program studi baru yaitu Pemasaran. Dan pada tahun 2009 SMK Ma’arif NU 01 Limpung membuka program studi Teknik Sepeda Motor.

SMK Ma’arif NU 01 Limpung dipimpin oleh seorang Magister Akuntansi, beliau bernama Aji Setya Budi, SE.Msi. Akt pada periode 2006 s/d 2010. Dan mulai pada tahun 2010 sampai sekarang SMK Ma’arif NU 01 Limpung dipimpin oleh seorang Ulama, beliau bernama KH. Muhtadi, S.Ag dan tenaga pengajar yang sebagian besar telah sarjana dan kompeten dalam bidangnya. Harapan kedepan semoga SMK Ma’arif NU 01 Limpung dapat tetap eksis dan maju serta senantiasa berperan serta dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.